Kemenpupr Minta Bendungan Cipanas Sumedang Rampung Akhir 2022

Kemenpupr Minta Bendungan Cipanas Sumedang Rampung Akhir 2022

Radarcirebon.com – Bendungan Cipanas yang berada di Kabupaten Sumedang, sedang dikebut pembangunannya oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR).

Apabila sudah selesai dibangun, Bendungan Cipanas bisa menyuplai kebutuhan air bagi irigasi pertanian di dua kabupaten, yakni Sumedang dan Indramayu seluas 9.273 hektare (ha).

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pengelolaan sumber daya air dan irigasi akan terus dilanjutkan untuk mendukung ketahanan pangan, salah satunya dengan membangun Bendungan Cipanas.

Baca juga: Jawa Barat Gandeng Waste4Change dan Sungai Watch Atasi Sampah di Tiga Daerah

\"Bendungan dan jaringan irigasinya dibangun dengan biaya besar. Oleh karena itu, pastikan kualitas pekerjaannya baik sehingga dapat segera dimanfaatkan secara optimal untuk mengairi sawah-sawah milik petani,\" kata Menteri Basuki, yang dilansir dari laman kemenpupr.go.id, Jum’at 15 April 2022.

Sementara, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk- Cisanggarung, Ismail Widadi mengatakan, Bendungan Cipanas merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dibangun sejak 2017 dengan daya tampung 250,81 juta meter kubik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: